Rabu, 18 November 2015

FISIOTERAPI

 

 

APA ITU FISIOTERAPI

FISIOTERAPI adalah bentuk pelayanan Kesehatan yang ditujukan kepada individu dan atau kelompok untuk mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang daur kehidupan dengan menggunakan penanganan secara manual, peningkatan gerak, peralatan ( fisik, elektroterapeutis dan mekanis ), pelatihan fungsi, komunikasi
seseorang yang telah lulus pendidikan formal fisioterapi dan kepadanya diberikan kewenangan tertulis untuk melakukan tindakan fisioterapi atas dasar keilmuan dan kompetensi yang dimilikinya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku disebut FISIOTERAPIS
Ahli fisioterapi juga dapat menggunakan berbagai metode pengobatan yang lain. Hal ini meliputi:
  • Tusuk jarum (Akupunktur) – pengobatan ini menggunakan jarum kecil yang meransang berbagai titik pada tubuh untuk meredakan penyakit dan peradangan serta menyebabkan relaksasi.
  • Ultrasound – pengobatan ini menggunakan gelombang suara untuk jalan masuk ke dalam tubuh, meningkatkan aliran darah, peningkatan kegiatan sel dan pembaruan.
  • Terapi air (Hydrotherapy) – Pengobatan ini dilakukan di air dan melawan tekanan air yang lembut untuk meningkatkan perputaran aliran darah dan membuat rasa nyaman , pada saat bersamaan memperkuat sekelompok otot dan meningkatkan koordinasi
  • Beberapi ahli fisioterapi juga dapat menggunakan  TENS atau 
    transcutaneous electrical nerve stimulation. Metode ini menggunakan energi listrik yang kecil untuk mengurangi sensasi nyeri.

Sedikit mengutip dari UMM
Program Studi S1 Fisioterapi merupakan satu-satunya S1 Fisioterapi di Jawa Timur, yang disiapkan untuk mencetak Sarjana Fisioterapi yang mampu memberikan layanan kesehatan untuk individu dan atau kelompok dengan mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang daur kehidupan dengan keilmuan yang kokoh dan ketrampilan yang handal dan mampu menjawab tantangan globalisasi
Program Studi S1 Fisioterapi didirikan dengan visi menjadikannya sebagai program Studi terkemuka dalam penyelenggaaraan pendidikan tinggi Fisioterapi yang berkeunggulan di bidang Fisioterapi individu dan Fisioterapi komunitas berbasis pada pengembangan Ipteks dan nilai-nilai Islam untuk meningkatkan Daya Saing Bangsa.
Program S1 Fisioterapi memiliki dosen-dosen berkualifikasi S2 Fisioterapi, dengan disertai persiapan sarana laboratorium yang lengkap diantaranya Laboratorium Anatomi, Laboratorium Terapi Manipulasi, Laboratorium Massage, Skill Lab. (meliputi laboratorium pemeriksaan, laboratorium Hidroterapi dan laboratorium Elektroterapi) dan Gymnasium. Laboratorium yang sedang dipersiapkan pengembangannya meliputi klinik pelayanan umum, klinik anti Aging dan kecantikan serta klinik fisioterapi.
Program pendidikan Program Studi Fisioterapi terdiri atas program Akademik yang diselesaikan selama 8 semester dengan gelar Sarjana Fisioterapi (S.Ft) dan dilanjutkan dengan pendidikan Profesi dengan gelar Fisioterapis (Physio). Lulusannya memiliki peluang kerja yang sangat luas dan tidak terbatas di rumah sakit saja, namun dapat dikembangkan hingga Praktek Mandiri, Home care, klub-klub olah raga, Fitness center, lembaga-lembaga khusus bidang olah raga serta cabang-cabangnya (KONI, PSSI dll).
 PROGRAM STUDI FISIOTERAPI
FAKULTAS ILMU KESEHATAN
UNIVERSITASMUHAMMADIYAH MALANG

Alamat : Jl. Bendungan Sutami No. 188-A Malang 65145
Telp. 0341-551149, 552443 Fax. 0341-582060
E-mail : fisioterapi@umm.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar